Beranda | Artikel
Doa Agar Rajin Berdzikir, Bersyukur dan Memperbaiki Ibadah
Selasa, 7 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Doa Agar Rajin Berdzikir, Bersyukur dan Memperbaiki Ibadah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 8 Sya’ban 1444 H / 28 Februari 2023 M.

Doa Agar Rajin Berdzikir, Bersyukur dan Memperbaiki Ibadah

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعن معاذ – رضي الله عنه: أن رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – أخذ بيده، وقال: «يَا مُعَاذُ، وَاللهِ إنِّي لأُحِبُّكَ» فَقَالَ: «أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ في دُبُرِ كُلِّ صَلاَة تَقُولُ: اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ». رواه أَبُو داود بإسناد صحيح.

Dari Mu’az Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah memegang tangannya dan berkata: “Wahai Mu’adz, demi Allah, sesungguhnya aku mencintaimu.” Lalu beliau bersabda: “Aku wasiatkan engkau Wahai Mu’adz, jangan sekali-kali kamu meninggalkan setiap selesai shalat lima waktu: ‘Ya Allah tolonglah aku agar senantiasa berdzikir mengingatMu, serta senantiasa bersyukur kepada Engkau dan senantiasa memperbaiki amal ibadahku kepada Engkau.`” Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan sanad shahih.

Hadits Mu’adz ini menjelaskan kepada kita tentang kedudukan yang tinggi bagi Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘Anhu, yang mana beliau seorang yang dicintai oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Bahkan beliau bersumpah “Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar mencintaimu.” Ada penekanan-penekanan dalam ucapan yang beliau sampaikan.

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan wasiat. Seorang kalau mencintai seseorang, ia tentu ingin kebaikan bagi orang itu. Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berpesan dengan pesan yang sampai hari ini dikerjakan oleh kaum muslimin. Yaitu doa:

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Permohonan yang semua ini menjadikan seorang hamba menjadi hamba yang shalih, hamba yang taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan memperbanyak berzikir kepada Allah atas nikmat-nikmat yang Allah anugerahkan kepada seorang hamba, agar banyak bersyukur kepada Allah Ta’ala, dan senantiasa meningkatkan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagian ulama menyebutkan tentang makna dubur shalat, ini bisa dimaknai dengan dua makna. Yang pertama adalah doa ini dibaca di akhir shalat sebelum salam. Kemudian yang kedua doa ini dibaca sesudah salam dari shalat. Kedua makna ini benar. Penghujung shalat itu bisa sebelum atau sebelum salam. Walaupun memang banyak di antara kaum muslimin membaca doa ini sesudah salam. Dan itu tidak mengapa. Tetapi misalnya ada orang yang dia shalat, kemudian sebelum salam membaca doa ini, maka ini pun tidak mengapa.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52772-doa-agar-rajin-berdzikir-bersyukur-dan-memperbaiki-ibadah/